Mantan Karyawan Apple Mendapat 3 Tahun Penjara untuk Penipuan $ 17 juta

Apple logo on an Apple store

Logo Apple di toko Apple

Seorang Pemilih Distrik AS telah menghukum mantan pembeli Apple selama 3 tahun penjara, ditambah tiga tahun peluncuran yang diawasi, dan memerintahkannya untuk membayar kembali lebih dari $19 juta karena menipu raksasa teknologi itu. [Image: Shutterstock.com]

United States District Choose Beth L. Freeman telah menghukum mantan pekerja Apple Dhirendra Prasad 3 tahun penjara, sementara juga memerintahkannya untuk membayar lebih dari $19 juta sebagai ganti rugi karena menipu raksasa teknologi lebih dari $17 juta dan untuk kejahatan pajak terkait.

Mantan petugas intelijen Perbendaharaan Irene Kenyon membagikan hyperlink ke peluncuran informasi Divisi Kehakiman Distrik Utara California tentang hukuman Prasad melalui Twitter:

Dhirendra Prasad didakwa dengan penipuan karena menerima suap dan menyebabkan Apple membayar barang dan layanan yang tidak terkirim. Bekerja di divisi Jaringan Penyedia Layanan Internasional Apple, dia menipu perusahaan sebesar $17 juta selama 10 tahun masa kerjanya. https://t.co/Vawq7Aci3U

– Irene Kenyon (@IreneKenyon4) 27 April 2023

Prasad, yang bekerja sebagai pembeli Apple dari 2008 hingga 2018, mengeksploitasi posisinya untuk memfasilitasi suap, mencuri komponen, menggelembungkan tagihan, dan menyebabkan Apple membayar layanan dan produk yang tidak pernah diperolehnya. Untuk lebih membuat marah FBI, Prassad juga menghindari pajak atas hasil rencananya.

Sesuai dengan memo hukuman DOJ, Apple menyerahkan Prasad “kebijaksanaan substansial untuk membuat pilihan mandiri untuk mengenali majikannya.”

menerima gaji dan bonus dari Apple senilai ratusan juta dolar.

Sebaliknya, Prasad menyalahgunakan kepercayaan perusahaan untuk melengkapi dirinya sambil menerima gaji dan bonus senilai ratusan juta rupiah. Menyadari bagaimana Apple bekerja dari dalam memberi Prasad sarana untuk menjaga agar metode penipuannya tidak terdeteksi.

Pada hari Rabu, masa lalu Prasad yang teduh kembali ke rumah, dengan Select Freeman juga memerintahkannya untuk kehilangan harta benda lebih dari $5,4 juta, membayar denda penyitaan tambahan sebesar $8,1 juta, plus melayani peluncuran yang diawasi selama tiga tahun. Itu semua di atas perintah restitusi untuk membayar Apple dan IRS masing-masing lebih dari $17 juta dan $1,8 juta.

Author: Ryan Green